Jumat, 19 September 2008

Plastik Ramah Lingkungan

Berpadu mengumpulkan sampah plastik yang mencemari sungai
(Sumber Dokumentasi RMI The Indonesian Institute for Forest & Environment)

Aksi SD Bantarjati II dalam acara 'Aksi Bogor'
Membersihkan salah satu anak sungai di Kota Bogor
(Sumber Dokumentasi RMI The Indonesian Institute for Forest & Environment)

Plastik merupakan kemasan yang sangat penting bagi industri. Penggunaannya sering menimbulkan masalah lingkungan karena sifatnya yang tak dapat di uraikan oleh alam. Namun, seiring perkembangan IPTEK, kini beberapa jenis plastik sudah dapat di uraikan.
Degradable plastic merupakan hasil perkembangan baru yang cukup penting, yang telah di kembangkan di negara maju dengan tujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. Namun, hanya sedikit negara yang memiliki teknik tersebut, di antaranya USA dan Italia, yang masing-masing dengan teknik yang berbeda. Kedua negara telah dapat menghasilkan plastik yang secara alamiah dapat terurai sempurna, tapi harganya cukup tinggi, yaitu 10 kali lipat di banding plastik normal. Selain itu, teknik tersebut belum bisa di aplikasikan dalam skala industri.

Complete biodegradable plastics di bedakan dengan degradable plastics dalam kemampuan terurai atau tingkat degradasinya. Degradable plastics hanya memiliki tingkat degradasi 10-40%, sedangkan complete biodegradable plastics bisa mencapai tingkat 100%. Waktu degradasinya dapat di atur sesuai dengan kebutuhan pemakai akhir.

Bahan baku utama plastik ini adalah pati kompleks serta beberapa komponen additive. Plastik ini dapat menggantikan plastik yang terbuat dari produk turunan petroleum, bahan yang tidak dapat di perbaharui (non renewable).

Hasil pengujian laboratorium, antara lain oleh The State Plastic Product Quality Supervision and Ispection Centre, The National Engineering Research Centre of Novel Equipment for Polymer Processing, dan The Degradable Plastic Comimitee of The China Plastic Processing Industry Association menunjukan bahwa complete biodegradable plastics mempunyai mutu sebagai plastik yang sangat baik, sehingga bisa menjadi subtitusi plastik yang ada saat ini.

Karena itu, Complete biodegradable plastics dapat menjadi solusi untuk pemanfaatan bahan baku pertanian dan kelestarian lingkungan.

Jika bisa di kembangkan secara massal, plastik ini dapat mengatasi polusi plastik di dunia. (Berbagai sumber)

Tidak ada komentar: